Pengaruh Multimedia Pembelajaran Kandidiasis Oral Berbasis Autoplay Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Pendidikan Sarjana Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah (Turnitin)

hartati sinaga, hartati sinaga and Abu bakar, Abu bakar and Okmes Fadriyanti, Okmes Fadriyanti (2023) Pengaruh Multimedia Pembelajaran Kandidiasis Oral Berbasis Autoplay Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Pendidikan Sarjana Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah (Turnitin). Journal of Syiah Kuala Dentistry Society, 8 (2). ISSN 2528-7613

[thumbnail of Pengaruh Multimedia Pembelajaran Kandidiasis Oral Berbasis Autoplay Terhadap Tingkat Pengetahu.pdf] Text
Pengaruh Multimedia Pembelajaran Kandidiasis Oral Berbasis Autoplay Terhadap Tingkat Pengetahu.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Era globalisasi yang mengalami perubahan serta perkembangan ilmu
pengetahuan banyak menawarkan kemudahan dalam pembelajaran dunia
pendidikan, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan dan menciptakan
sumber daya yang berkualitas. Tujuan yang dilakukan agar pembelajaran lebih
menarik yaitu dengan adanya bantuan media pembelajaran, salah satu aplikasi
yang digunakan sebagai media pembelajaran yaitu
autoplay. Sampel penelitian
adalah mahasiswa pendidikan sarjana kedoktean gigi Universitas Baiturahmah
dengan jumlah 90 orang sebagai kelompok kontrol dengan metode konvensional
dan 90 orang sebagai kelompok perlakuan dengan metode
autoplay. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode
Quasi
Experimental dengan desain
pretest-posttest dan teknik analisis data
menggunakan 2 uji yaitu
Wilcoxon dan uji
Mann Whitney-Test. Analisis data
yang dilakukan menggunakan
Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan hasil
pembelajaran metode konvensional
pretest 3.3% dengan kategori tingkat
pengetahuan baik naik menjadi 80.0% saat
posttest, dan metode pembelajaran
autoplay pretest 16.7% dengan kategori baik naik menjadi 94.4% saat
posttest
dengan nilai
Sig.(2-tailed) adalah sebesar 0.000 atau <0.05, maka Ha diterima.
Hasil uji
Mann-Whitney terdapat perbedaan antara nilai akhir pembelajaran
dengan metode konvensional dan
autoplay dengan rata-rata pada pembelajaran
konvensional 68.19 sedangkan metode
autoplay 112.81 dengan
p-value 0.00
<0.05. Kesimpulan dari penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan, hasil
dari penelitian ini
autoplay dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang
dapat membantu mahasiswa dalam pembelajaran
Kata Kunci :
Autoplay, Kandidiassi Oral, Multimedia pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Program Studi Profesi Dokter Gigi
Depositing User: Dr. drg. Okmes Fadriyanti, Sp.Pros okmes
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:35
Last Modified: 30 Jan 2024 02:35
URI: http://repo.unbrah.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item
View Item