HUBUNGAN TINGKAT KEMANDIRIAN DAN GANGGUAN KOGNITIF PADA LANSIA (Dokumen)

Resti Rahmadika Akbar, Resti Rahmadika Akbar and Dian Ayu Hamama Pitra, Dian Ayu Hamama Pitra and Mutiara Annisa, Mutiara Annisa and Debie Anggraini, Debie Anggraini HUBUNGAN TINGKAT KEMANDIRIAN DAN GANGGUAN KOGNITIF PADA LANSIA (Dokumen). Jurnal Human Care, 5 (3). ISSN 2528-665X

[thumbnail of Document Version] Text (Document Version)
814-3301-2-PB (2).pdf - Published Version

Download (142kB)

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk lansia menjadi tantangan sendiri. Pemenuhan fasilitas, sistem serta peran dari pemerintah dan masyarakat dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup lansia. Salah satu aspek yang terkait dengan proses penuaan adalah penurunan fungsi yang mencakup psikologis, sosiologis dan biologis. Salah satu perubahanan yaitu penurunan fungsi kognitif. Penuruan fungsi pada lansia juga menjadi faktor yang mempengaruhi tingkat kemandirian dari lansia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai hubungan tingkat kemandirian dan gangguan kognitif pada lansia. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan teknik pengumpulan sampel convenience-sampling. Sampel penelitian ini merupakan pasien prolanis. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Moca-Ina versi Indonesia untuk
menilai fungsi kognitif dan Indeks Barthel untuk menilai tingkat kemandirian. Untuk menilai keadaan sosiodemografi dinilai melalui wawancara. Hasil penelitian ini didapatkan hasil hubungan tingkat kemandirian dan gangguan kognitif pada lansia dengan hasil p=0.209. Untuk hasil tingkat kemandirian didapatkan hasil tingkat mandiri (92%), fungsi kognitif umumnya berada pada mild kognitif (76%). Dari
penelitan ini disimpulkan hubungan tidak bermakna tingkat kemandirian dengan gangguan kognitif.
Keywords: lansia, tingkat kemandirian, gangguan kognitif

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Amd Regina Andina
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:25
Last Modified: 15 Mar 2023 03:25
URI: http://repo.unbrah.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item
View Item